MENGELOLA KELAS Bagian 2
Menjadi Komunikator Yang Baik
Ketrampilan Berbicara
Berbicara di depan kelas dan murid
Beberapa strategi untuk berbicara secara jelas dengan kelas anda antara lain:
- Menggunakan tata bahasa yang benar
- Memilih kosakata yang gampang dipahami dan tepat bagi level grade murid anda
- Menerapkan strategi untuk meningkatkan kemampuan murid dalam memahami apa yang anda katakan, seperti menekankan pada kata-kata kunci, mengulang penjelasa, atau memantau pemahaman murid
- Berbicara dengan tempo yang tepat, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat
- Tidak menyampaikan hal-hal yang kabur
- Menggunakan perencanaan dan pemikiran logis sebagai dasar untuk berbicara secara jelas di kelas
Rintangan komunikasi verbal yang efektif
Antara lain:
- Kritik
- Memberi julukan dan pelabelan
- Menasihati
- Mengatur-atur
- Ceramah moral
Memberi ceramah yang efektif
Beberapa pedoman untuk memberikan ceramah yang bisa bermanfaat bagi guru dan murid:
- Jalin hubungan dengan audien
- Kemukakan tujuan anda
- Sampaikan ceramah secara efektif
- Ikut konvensi yang tepat
- Tata ceramah yang rapi
- Masukkan bukti pendukung dan kembangkan ide anda
- Gunakan media secara efektif
Ketrampilan Mendengar
Gaya mendengar yang memberi perhatian penuh pada pembicara, memfokuskan diri pada isi intelektual dan emosional dari pesan. Beberapa strategi untuk mengembangkan ketrampilan mendengar aktif:
- Beri perhatian cermat pada orang yang sedang berbicara
- Parafrasa
- Sintesiskan tema dan pola
- Beri umpan balik atau tanggapan dengan cara yang kompeten
Berkomunikasi Secara Nonverbal
Beberapa contoh perilaku umum yang dilakukan orang untuk berkomunikasi secara nonverbal:
- Mengangkat alis sebagai tanda tak percaya
- Bersedekap untuk melindungi diri
- Mengangkat bahu sebagai tanda tak peduli
- Mengedipkan satu mata untuk menunjukkan kehangatan dan persetujuan
- Mengetukkan jari tanda tak sabar
- Menepuk dahi sebagai tanda lupa sesuatu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar